Menurut cerita Bapak Dr.(HC). H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M. Dahulu banyak orang lampung yang sukses menjadi pemimpin negara di berbagai bidang, namun di akhir ini grafiknya menurun. Hal tersebut banyak disebabkan karena Sumber Daya Manusia dan kualitas pendidikan warga Provinsi Lampung tertinggal dengan provinsi lain di Indonesi yang lebih maju.welcome fontanero Karena itulah beliau bersama tokoh-tokoh lain ingin meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan pendidikan warga Provinsi Lampung melalui sebuah lembaga pendidikan untuk melahirkan SDM yang unggul, baik dalam bidang akademik, kepribadian, dan akhlak mulia, maupun karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat, serta kesamaptaan jasmani yang prima.

Lembaga pendidikan yang didirikan oleh Bapak Dr.(HC). H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M. yang pertama adalah Sekolah Menengah Atas (SMA). SMA dipilih karena pada tingkat tersebut, para calon SDM unggulan dari Provinsi Lampung akan dididik ketat oleh para pendidik yang akan siap mengembangkan segala potensi dan bakat para siswa agar kelak menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, tertib beribadah dan banyak beramal untuk memajukan masyarakat generasi muda yang berkarakter kuat dan berakhlak mulia, jujur dan bertanggung jawab yang memiliki wawasan kebangsaan, kejuangan, kearifan lokal dan kebudayaan masyarakat, generasi muda yang memiliki SDM yang tinggi, menguasai IPTEK, kreatif dan inovatif, yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Atas dasar tersebut, maka pada tanggal 12 April 2013 merupakan hari bersejarah karena diresmikan prasasti pendirian Sekolah Kebangsaan yang diberi nama SMA Kebangsaan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada saat itu Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA bersama Dr.(HC). H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M. di atas lahan lebih dari 20 ha yang terletak di Jln.Trans Sumatera KM.75 Desa Pisang Kecamatan Penengahan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Sekolah tersebut mengadopsi sistem berasarama (Boarding School), mulai dari siswa hingga seluruh civitas akademika SMA Kebangsaan. Seluruh siswa adalah putra dan putri terbaik dari setiap Kabupaten yang berada di Provinsi Lampung, melalui tes penjaringan yang ketat dan berbasis prestasi. putra putri pilihan dari setiap Kabupaten yang ada di Provinsi Lampung dengan prestasi terbaik inilah yang mendapat beasiswa dari Pemerintah Daerah maupun Provinsi lampung. Kedepannya, agar pengembangan sekolah terus ditingkatkan mutu serta sarana dan prasarananya agar berkembang pesat menjadi pusat pendidikan berskala nasional.

welcome fontanero